Berita

Bidang Hukum dan Kepegawaian Universitas Jenderal Soedirman menghadiri Kegiatan Pembinaan Penyusunan Peraturan Perundangundangan dan Produk Hukum Lainnya di Lingkungan Kemendikbudristek pada hari Jumat, 20 September 2024 di Hotel Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek,  Ir. Suharti, M.A., Ph.D. Sekretaris Jenderal dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan tersebut penting dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pegawai agar cermat dalam menyusun regulasi, meningkatkan kemampuan analisis situasi dan masalah hukum dengan argumentasi yang jelas dan logis, meningkatkan keterampilan legal drafting, kemampuan untuk mengomunikasikan ide-ide untuk dituangkan dalam regulasi, serta meningkatkan integritas dan profesionalisme pegawai.

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang mengadirkan tiga narasumber yaitu Hakim Konstitusi, Prof. Dr. Enny Nurbaningsih, S.H., M.Hum., Direktur Harmonisasi Peraturan Perundang-undangan I, Dr. Roberia, S.H., M.H., dan Dosen Fakultas Hukum UGM, Dr. Heribertus Jaka Triyana, S.H., LL.M., M.A.

Prof. Enny dalam paparannya menyampaikan bahwa pembentukan peraturan perundang-undangan yang baik didasarkan pada pemenuhan aspek formil dan materiil serta perencanaan regulasi yang baik diantaranya berupa penyusunan Regulatory Impact Analysis (RIA) yang dituangkan dalam naskah akademik dan adanya partisipasi publik yang bermakna.

Dr. Roberia menjelaskan mengenai tahapan merancang norma hukum yang meliputi tahap konseptual, tahap arsitektur, dan tahap komposisi.

Dr. Heribertus Jaka Triyana memaparkan mengenai alur kerja sama yang meliputi inisiasi kerja sama, concept note kerja sama, program dan ruang lingkup kerja sama, draf perjanjian, review dokumen kerja sama, pelembagaan kerja sama, dan pelaksanaan kerja sama.


#jdihunsoedmajuterus