Berita

Pengelola Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Unsoed dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan,  Dr. Kuat Puji Prayitno, S.H., M. Hum. beserta Tim Pengelola (Nuh Agung Budiman, S.H., M.Si., Dirkam, S.E. dan Purwo Subroto, A.Md.) menghadiri pertemuan Nasional JDIHN Tahun 2024.

Pertemuan Nasional Pengelola JDIHN Tahun 2024 dilaksanakan di  Aston Kartika Hotel, Grogol, Jakarta Barat pada hari Kamis, 22 Agustus 2024, dengan tema besar “JDIHN Berkualitas Meningkatkan Literasi dan Kepatuhan Hukum”.

Petemuan dibuka oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia  Republik Indonesia yang diwakili oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Prof. Widodo Ekatjahjana S.H., M. Hum. Dalam sambutanya Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia berharap dan mengajak Bapak Ibu pimpinan dan anggota JDIH tetap berkomitmen untuk melaksankan pengelolaan JDIH dengan seoptimal mungkin.

Pertemuan dilanjutkan dengan diskusi panel yang mengadirkan dua narasumber yaitu Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Woro Titi Haryanti dan Mahfudh Ahmad selaku Manajer Tata Kelola Sekretariat Satu Data Indonesia.

Dalam paparanya Woro Tri Haryanti menyatakan bahwa “Pelaksanaan good governance atau tata kelola yang baik sangat penting dalam mendukung peningkatan literasi hukum. Literasi hukum yang baik akan berdampak signifikan pada tingkat kepatuhan hukum masyarakat”.

Disisi lain, Mahfudh Ahmad menyampaikan pentingnya pengelolaan data dokumen hukum yang merujuk pada prinsip Satu Data Indonesia. “Prinsip-prinsip seperti standar, metadata, interoperabilitas, kode referensi data dan data induk harus diterapkan dalam pengelolaan JDIH agar sejalan dengan arsitektur data yang mendukung Sistem pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)” ujarnya.